Selasa, 07 Juni 2016

PENGENALAN TEKNIK ELEKTRO

Teknik ELektro, adalah jurusan yang saya ambil. Ya saya kuliah di salah satu Institut ternama di Indonesia. Mungkin kebanyakan orang masih bertanya, Apa saja yang dipelajari? Prospek kerja teknik elektro? Kuliah di Teknik Elektro Susah?

APA SAJA YANG DIPELAJARI DI TEKNIK ELEKTRO?
Di elektro kalian akan belajar listrik sesuai dengan namanya yaitu elektro. Di elektro terdapat 2 prodi : arus kuat dan arus lemah. Tentunya sebelum masuk ke prodi kalian akan belajar tentang hal - hal umum kelistrikan yang dibutuhkan.
Misal kalian akan mempelajari yang namanya
a. Resistor
b. Induktor
c. Kapasitor
d. Dioda
e. Regulator
f. OP-AMP
g. LED
h. Transistor
i. Logika
j. Program
dan sebagainya

Jika kalian akan memilih arus kuat, maka kalian akan mempelajari hal - hal yang berkaitan dengan listrik berskala besar, semisal di PLN, Perminyakan, Pertambangan, intinya yang berskala besar.
Jika kalian akan memilih arus lemah, kalian belajar tentang rangkaian - rangkaian listrik berskala kecil, contohnya handphone, televisi, bahkan disini kalian bisa belajar tentang robot.

Kalau dari saya sendiri saya memilih arus kuat karena ingin bekerja di perminyakan, namun saya juga ikut UKM / ekstrakuliler robotika.
Jadi, apapun pilihan kalian, tidak akan membatasi ilmu yang kalian ingin dapatkan. Hanya saja, prodi membuat kalian fokus belajar arah mana yang kalian akan ambil untuk masa depan kalian.

PROSPEK KERJA TEKNIK ELEKTRO?
1. Tenaga Pendidik
 Jika anda lulusan perguruan tinggi strata satu (S1) jurusan elektro (elektronika industri, listrik, dll.) bisa menjadi tenaga pendidik di SMK ataupun lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Lulusan S1 elektro dianggap sudah memiliki kompetensi yang cukup untuk mengajar matapelajaran elektro, utamanya bagi jurusan pendidikan teknik elektro.

2. BUMN
 Saat ini banyak sekali perusahaan BUMN yang membutuhkan tenaga-tenaga handal di bidang elektro untuk dijadikan teknisi ataupun posisi strategis lainnya. Sebut saja PLN, Telkom, Pertamina, dan kawan-kawannya ini sedang gencar-gencarnya mencari lulusan elektro yang memiliki kemampuan dan komitmen tinggi untuk memajukan perusahaan.

3. Sektor Swasta
 Sektor swasta merupakan peluang yang paling besar untuk menampung para lulusan teknik elektronika industri. Pabrik-pabrik besar seperti Samsung, Philips, LG, dan lain-lain pastinya sudah menggunakan alat yang canggih untuk beroperasi. Jika alat tersebut mengalami masalah, tentunya yang bisa menyelesaikannya adalah para teknisi

4. Wirausaha
 Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa lulusan elektro sangat dipercaya mampu menciptakan usaha sendiri mulai dari buka jasa servis barang elektronik sampai dengan berjualan barang-barang elektronik. Dengan menjadi seorang wirausaha, lulusan elektro akan sangat berjasa mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia.

 5. Dunia Robotika
Ya tentu saja ini masih belum terlalu dibutuhkan di Indonesia, tapi di Jepang pembuatan robot sudah dijalankan, dari yang besarnya se GUNDAM sampai yang kecil. Bukan tidak mungkin di masa yang akan datang, robot sudah umum digunakan, sehingga kalian sangat beruntung jika masuk jurusan Teknik Elektro karena kalianlah yang paling dekat dengan dunia robot.

KULIAH DI ELEKTRO SUSAH?
Jujur saja menurut saya susah. Selain dalam menjawab soal - soalnya, juga susah dalam hal lain. Seperti :
a. Dosen elektro terkenal pelit nilai
b. Tugas yang sangat banyak
c. Kegiatan lain

Jadi butuhlah perjuangan disini. Belajar dan belajar.

Silahkan baca tokoh tokoh dunia lulusan teknik elektro :

Silahkan baca DUNIA ROBOTIKA :

Tidak ada komentar:
Write komentar

Games